Para Peserta ROADSHOW DOAJ II RJI Sulawesi Selatan Kerjasama STMIK AKBA

Relawan Jurnal Indonesia Kordinator Daerah Sulawesi Selatan kembali menggelar Roadshow DOAJ Menuju Jurnal Terakreditasi yang kedua. kegiatan kali ini Bekerja sama dengan STMIK AKBA Makassar, yang diselenggarakan pada Hari Sabtu, 2 November 2019 di Aula STMIK AKBA Makassar. 03/11/2019

Roadshow DOAJ RJI Sul-Sel ke II ini menghadirkan narasumber yang kompeten karena dari Associate editor DOAJ, Muh. Ilham Bakhtiar,M.Pd dan Ketua RJI Korda Sulsel, Dr. Ramlan Mahmud. Peserta yang hadir pada acara ini sebanyak 53 orang, yang berasal dari berbagai institusi di Sulawesi Selatan, bahkan hadir dari luar yaitu Universitas Muhammadiyah Buton,  Kendari dan Universitas Negeri Sulawesi Barat turut berpartisipasi dalam pendampingan jurnal menuju Terakreditasi.

Ketua panitia sekaligus narasumber, Akbar Iskandar ketika ditanya mengenai alasan pelaksana kegiatan ini mengatakan ” Roadshow ini dalam rangka menguatkan kemampuan teknis para pengelola jurnal di Indonesia timur” hal ini tentu seja memberikan angin segar terhadap iklim jurnal di Sulawesi Selatan yang kian hari kian menunjukkan trend positif dalam melahirkan jurnal-jurnal bereputasi di Indonesia Timur.

Pada sesi Dr. Ramlan, ia kembali menegaskan seperti pada sesi-sesi Roadshow RJI sebelumnya ba

Narasumber Muh Ilham Bakhtiar,S.Pd. M.Pd memawakan Materi Index DOAJ

hwa penting untuk meningkat pengelola jurnal baik secara teknis ataupun substansi. Ia pun menutup sesi materi akreditasi jurnal dengan berapi-api sembari berkata “mari para pengelola jurnal kita bersatu untuk reputasi jurnal yang lebih baik”. Tuturnya disikapi tepuk tangan riuh dari peserta.

Acara yang diikuti oleh 53 orang ini diakhiri dengan sesi evaluasi yang dibimbing langsung oleh Muhammad Ilham Bakhtir. Menggunakan aplikasi kahoot.it, ia mengevaluasi pemahaman peserta melalui cara yang sangat interaktif, yaitu dengan menguji kemampuan peserta melalui pertanyaan-pernyataan seputar akreditasi jurnal dan DOAJ.

Penulis : Muhammad Fadli Muslimin (RJI Sulawesi Selatan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *